Kenapa wanita lebih panjang umur daripada pria?

0 Komentar
Advertisement
Iklan

Tahun lalu, sebuah statistik menyebutkan kalau usia wanita cenderung lebih panjang daripada pria. Kini penelitian terbaru pun mengungkap penyebabnya.

Seiring bertambahnya usia, sistem imun pun ikut mengalami penuaan. Akan tetapi sistem imun yang melawan penyakit dalam tubuh wanita mengalami penuaan yang lebih lambat. Itulah sebab kenapa wanita cenderung lebih panjang umur daripada pria.

Peneliti tepatnya menganalisis sampel darah 356 pria dan wanita berusia 20-90 tahun. Kadar sel darah putih dan sistem imun mereka diperiksa.

Pada sampel darah pria dan wanita, jumlah sel darah putih dan sistem imun memang menurun seiring bertambahnya usia. Namun penurunan yang terjadi pada tubuh pria berlangsung lebih cepat dibandingkan dengan wanita.

Akibatnya, pria pun rentan terhadap beberapa penyakit dan kondisi tubuhnya tidak mampu menahan berbagai risiko kesehatan, demikian seperti yang dilansir dari Daily Mail (15/05).

"Mekanisme sistem imun bukan cuma melindungi tubuh dari infeksi dan kanker, tetapi juga bisa memicu penyakit jika regulasinya tidak teratur," tambah Profesor Katsuiku Hirokawa dari Tokyo Medical and Dental University.

Sementara itu, inflamasi membuat sistem imun terancam mengalami kerusakan. Sehingga jantung dan pembuluh darah pun terganggu kesehatannya.

Profesor Hirokawa juga menyebutkan kalau wanita dilindungi oleh estrogen. Maka dari itu sampai masa menopause, wanita setidaknya punya kesempatan untuk menangkal penyakit jantung.

Meskipun demikian, usia memang bukan manusia yang menentukan. Penelitian ini hanya mencoba untuk menjelaskan kenapa wanita memiliki kecenderungan usia yang lebih panjang daripada pria.

Hasil penelitian lantas dilaporkan dalam jurnal Immunity and Aging.

Sumber : Merdeka.com

No comments:

Post a Comment